KPU Kabupaten Lampung Utara Kunjungi Kodim 0412/Lampung Utara Bahas Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

113

Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Dalam upaya melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0412/Lampung Utara.

Kunjungan para Komisioner KPU Kabupaten Lampung Utara yang terdiri dari Aprizal Ria (Ketua) beserta Anggota KPU lainnya (Yansen Atik, Mad Akhir dan Yudi Saputra) langsung disambut oleh Komandan Kodim (Dandim) 0412/Lampung Utara, Letkol. Inf. Krisna Pribudi di ruang kerjanya, Kamis (18/6).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Aprizal Ria mengatakan, Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan merupakan terobosan dari KPU Republik Indonesia melalui Surat Edarannya nomor 181/PL.02.1-SD/KPU/II/2020 yang merujuk pada Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang mewajibkan KPU baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta stakeholder lainnya termasuk jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

“Kedatangan kita selain bersilaturahmi dan berkoordinasi sekaligus meminta data anggota TNI yang telah memasuki usia pensiun ataupun anggota TNI yang baru untuk kita cocokkan dalam pendataan Daftar Pemilih,” terang Aprizal diamini oleh anggota KPU Kabupaten Lampung Utara lainnya. 

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan sendiri, lanjut Aprizal adalah upaya memvalidasikan Daftar Pemilih secara terus menerus untuk digunakan pada Pemilu/Pemilihan selanjutnya. “Daftar Pemilih merupakan hal yang krusial dalam Pemilu. Kita tidak ingin terjadi kekisruhan perihal Daftar Pemilih saat menjelang Pemilu/Pemilihan. Walaupun gonjang-ganjing nantinya ada, tetapi setidaknya kita meminimalisirnya dari jauh-jauh hari dengan terus mengupdate secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0412/Lampung Utara, Letkol. Inf. Krisna Pribudi menyambut baik atas kunjungan dan koordinasi yang dilakukan KPU Kabupaten Lampung Utara. Dia bahkan mendukung langkah-langkah yang dilakukan KPU Kabupaten Lampung Utara dalam upaya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. “Kalo soal data anggota yang masuk usia pensiun maupun yang baru menjadi anggota TNI, itu ada dibagian personalia. Jadi silahkan saja nanti pihak KPU memintanya kebagian itu, pasti diberikan. Intinya kami jajaran TNI siap mendukung dan membantu tugas-tugas KPU sesuai dengan aturan dan perundang-undangan,” ucap perwira dua melati itu.

(YA/red)