KPU Kabupaten Lampung Utara Gelar Rapat PLeno PDPB Periode Bulan Januari Tahun 2021

208

Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Melanjutkan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang telah dilaksanakan selama tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara kembali mengadakan kegiatan PDPB di tahun 2021. Selama bulan Januari tahun 2021 didapat data potensi pemilih baru sebanyak 194 orang pemilih yang terdiri dari 96 pemilih laki-laki dan 98 pemilih perempuan, sedangkan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 1 orang pemilih yang meninggal dunia.

Setelah ditambahkan dengan potensi pemilih baru dan dikurangi pemilih TMS, didapatkan jumlah daftar pemilih berkelanjutan periode bulan Januari tahun 2021 sebanyak 444.111 orang pemilih yang terdiri dari 225.177 pemilih laki-laki dan 218.934 pemilih perempuan. Jumlah tersebut kemudian diplenokan pada hari ini, Rabu 3 Februari 2021. Rapat pleno tersebut dihadiri oleh Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara, Abdul Kholik dan Agus Ramdhani beserta perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara, Diah Novilia dan Heni.

Pada rapat pleno tersebut, Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Aprizal Ria menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung program PDPB terkhusus Disdukcapil dan Bawaslu. “Terimakasih banyak pada semua stakeholder terkhusus Disdukcapil dan Bawaslu atas supportnya selama ini. Kedepan kita membutuhkan support yang lebih lagi dalam kerja-kerja demokrasi termasuk pemutakhiran data,” ujarnya.

Di tempat yang sama Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi, Yansen Atik yang membidangi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan mengungkapkan harapan besarnya agar proses pemutakhiran data kedepan bisa lebih baik lagi, dengan dukungan segala stakeholder yang ada. “Kita berharap semua elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam proses pemutakhiran. Meski tidak ada kata valid terkait data pemilih karena pergerakannya sangat dinamis setidaknya kita selalu update atas mobilitas data yang ada,” harapnya.

(YP/red)