Triwulan II Tahun 2021, DPT Hasil PDPB Lampung Utara Capai 444.500 Jiwa

143

Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Lampung Utara pada Triwulan II Tahun 2021 mencapai 444.500 jiwa.Hal ini terungkap saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan II Tahun 2021 di aula KPU Kabupaten Lampung Utara bersama stakeholder yang ada, Rabu (30/6).

Usai melakukan Rakor, Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Aprizal Ria didampingi para anggota KPU Kabupaten Lampung Utara mengatakan, telah terjadi peningkatan jumlah DPT dari bulan sebelumnya (Mei) berjumlah 444.404 jiwa menjadi 444.500 jiwa. “Ada peningkatan pemilih sebanyak 96 jiwa. Ini semua kerja-kerja kita yang dibantu oleh stakeholder terkait khususnya Disdukcapil,” ujar Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara ini.

Dia menyatakan, kerja-kerja pemutahiran data pemilih ini merupakan tugas semua eleman masyarakat untuk mendukung terciptanya demokrasi yang sehat dan bermartabat. Karenanya dia pun menghimbau kepada berbagai elemen khususnya partai politik ikut aktif dalam membantu kerja-kerja demokrasi salah satunya dalam program pemutahiran data pemilih. “Ya kami mohon kerjasama dan partisipasi aktif teman-teman partai politik untuk ikut mendata konsituennya yang kira-kira belum terdapat dalam DPT. Dari jauh-jauh hari kita mulai membenahi pendataan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan ketika menjelang pemilihan,” imbaunya.

Selain itu, KPU Kabupaten Lampung Utara saat ini, lanjutnya, telah membuat aplikasi yang berfungsi untuk mengecek data diri apakah telah masuk atau tidak dalam DPT. “Sekarang kita punya aplikasi yang namanya cek DPT KPU Lampung. Aplikasi ini bisa didownload melalui Play Store di android masing-masing. Disana kita bisa melihat apakah kita sudah masuk dalam DPT atau belum”, terangnya.

Diketahui, Rakor PDPB Triwulan II ini dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara, Kepolisian Resor Lampung Utara, Komando Distrik Militer (Kodim) 0412/Lampung Utara dan perwakilan Partai Politik yang ada.

(YA/red)