Periode Juli Tahun 2021, Pemilih Lampung Utara Tercatat 444.628 Jiwa

109

Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Terdapat 444.628 jiwa pemilih tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Utara. Hal itu terungkap usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Rapat Internal Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode Bulan Juli Tahun 2021 di aula Sekretariat KPU Kabupaten Lampung Utara, Jum’at (30/7).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Aprizal Ria, di periode Juli terdapat kenaikan jumlah pemilih sebanyak 133 jiwa jika dibandingkan dengan periode Juni lalu yang berjumlah 444.500 jiwa. ” Ya ada kenaikan sebanyak seratus tiga puluh tiga jiwa pemilih baru, berkurang lima jiwa (TMS) dan juga terdapat perbaikan dua jiwa pemilih”, terang Aprizal yang saat itu di dampingi Yansen Atik dan Tedi Yunada sebagai anggota KPU setempat.

Dari 444.628 jiwa pemilih itu, lanjut dia, terbagi dalam 225.426 jiwa laki-laki dan 219.202 jiwa perempuan yang tersebar di 23 kecamatan yang ada. Tak lupa juga dia menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara agar secara aktif mengkroscek dan memastikan keberadaan diri dalam daftar pemilih. ”Saat ini KPU Kabupaten Lampung Utara telah menyediakan aplikasi Cek DPT KPU Lampung yang bisa diinstal di HP masing-masing. Kita berharap masyarakat sadar pentingnya hak-hak pilih kita untuk menentukan masa depan yang lebih baik lagi dalam berdemokrasi” harapnya.

Diketahui, Rapat Internal Rekapitulasi Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) ini sudah berjalan sejak 2020 yang lalu dengan harapan polemik DPT di setiap tahapan Pemilu dapat terminimalisir. Berdasarkan Surat Edaran KPU RI nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia wajib melaksanakan Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan secara internal di setiap akhir bulan dan Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bersama stakeholder setiap triwulannya.

(YA/red)