Jumat, Oktober 30, 2020

#PDPB2020LAMPURA

P1 : PDPB? Apa itu?

J : PDPB merupakan singkatan dari Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, yakni kegiatan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

P2 : Gunanya apa?

J : Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.

P3 : Saya masih belum paham, apa maksud kegiatan PDPB?

J : Intinya, dengan kegiatan PDPB ini KPU Kabupaten Lampung Utara memastikan setiap warga Lampung Utara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdata dalam Daftar Pemilih sehingga dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilihan Umum yang akan datang. Kegiatan PDPB ini juga bertujuan menghapus data pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih dikarenakan telah meninggal dunia, terdata ganda, pindah domisili, maupun telah menjadi anggota TNI/Polri.

P4 : Oke, saya mengerti. Terus bagaimana cara mengetahui jika kita telah terdata atau belum dalam Daftar Pemilih?

J : Silahkan kunjungi situs https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Kemudian pilih Kabupaten/Kota, isi data diri sesuai formulir yang ada di situs tersebut, lalu klik tombol Pencarian.

Atau dapat juga dilakukan dengan mendatangi Kantor KPU Kabupaten Lampung Utara secara langsung pada hari Senin s.d. Jum’at pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB.

P5 : Saya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih, tapi ada kesalahan dalam penulisan. Bagaimana cara saya untuk memperbaiki data saya? Dan ada keluarga saya yang sudah tidak memenuhi syarat lagi tapi masih ada di Daftar Pemilih, apakah bisa data mereka dihapus?

J : Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan identitas Anda maupun jika Anda mengetahui ada anggota keluarga, teman ataupun tetangga yang sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih, segera laporkan dengan mengisi formulir di situs https://bit.ly/PDPBLAMPURA atau dengan mengisi formulir yang telah disediakan di Kantor KPU Kabupaten Lampung Utara tepatnya di ruangan Sub Bagian Program dan Data.

P6 : Saya belum terdaftar dalam Daftar Pemilih, bagaimana cara saya mendaftar?

J : Apabila Anda belum terdaftar, segera laporkan dengan mengisi formulir di situs https://bit.ly/PDPBLAMPURA atau dengan mengisi formulir yang telah disediakan di Kantor KPU Kabupaten Lampung Utara tepatnya di ruangan Sub Bagian Program dan Data.

P7 : Bagaimana perkembangan PDPB di Lampung Utara sampai saat ini?

J : Sampai akhir Agustus 2020, terdapat penambahan sebanyak 3.424 pemilih serta mengalami pengurangan sebanyak 45 pemilih. Sehingga sampai akhir Agustus, jumlah pemilih Lampung Utara berjumlah sebanyak 444.430 pemilih. Perlu diketahui jumlah pemilih Lampung Utara yang terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga (DPTHP-3) Pemilihan Umum Tahun 2019 adalah sejumlah 441.051 pemilih.

Lebih lengkap dapat dilihat di grafik berikut :Perkembangan PDPB-min

e-PPID-KPU-LU